Minggu, 13 Februari 2011

Sejarah Perkembangan Ilmu Ekonomi

James Mirrlees


Pengantar
Sir James Alexander Mirrlees FRSE FBA (lahir 5 Juli 1936) adalah seorang ekonom Skotlandia dan pemenang Memorial 1996 Nobel dalam Ilmu Ekonomi. Dia knighted pada tahun 1998.
Lahir di Minnigaff, Wigtownshire, Mirrlees dididik di Universitas Edinburgh dan Trinity College, Cambridge, dimana ia menjadi debat mahasiswa sangat aktif. Satu kontemporer, Quentin Skinner telah menyarankan bahwa Mirlees adalah anggota dari Rasul Cambridge bersama dengan sesama Nobel Laureate Amartya Sen selama periode ini. Antara 1968 dan 1976, Mirrlees adalah seorang profesor tamu di MIT tiga kali. Ia mengajar di kedua Oxford University (1969-1995) dan Universitas Cambridge (1963 - dan 1995 -).
Isi
Selama waktunya di Oxford ia menerbitkan makalah tentang model-model ekonomi yang akhirnya ia akan meraih gelar Nobel. Mereka berpusat di sekitar situasi di mana informasi ekonomi asimetris atau tidak lengkap, menentukan sejauh mana mereka harus mempengaruhi tingkat optimal tabungan dalam suatu perekonomian. Di antara hasil lainnya, mereka mendemonstrasikan prinsip-prinsip "moral hazard" dan "pajak pendapatan yang optimal" dibahas dalam buku-buku William Vickrey. Metodologi ini telah menjadi standar di lapangan.
Mirrlees dan Vickrey bersama tahun 1996 Nobel Ekonomi "untuk kontribusi fundamental mereka pada teori ekonomi insentif di bawah informasi asimetris".
Mirrlees juga co-pencipta, dengan MIT Profesor Peter A. Diamond dari Diamond-Mirrlees Efisiensi Teorema, yang dikembangkan pada tahun 1971.
Mirrlees adalah Profesor emeritus Politik Ekonomi di Universitas Cambridge, dan anggota Trinity College, Cambridge. Dia menghabiskan beberapa bulan dalam setahun di University of Melbourne, Australia. Saat ini ia adalah Distinguished Professor-di-besar Universitas China Hong Kong. Pada tahun 2009, ia diangkat sebagai Guru dari Morningside College dari Universitas China Hong Kong, bersama dengan ahli biologi Samuel Sun Sai-ming.
Mirrlees adalah anggota Skotlandia Dewan Penasihat Ekonomi.
Sumber: www.wikipedia.com

William Vickrey


Pengantar
William Spencer Vickrey (lahir di Victoria, British Columbia, 21 Juni 1914 – meninggal di New York, 11 Oktober 1996 pada umur 82 tahun) adalah seorang profesor di Universitas Columbia, yang pengumuman kemenangan Hadiah Nobel Ekonominya diumumkan 3 hari sebelum kematiannya.
Vickrey dianugerahi hadiah itu bersama James Alexander Mirrlees untuk penelitian dalam teori tunjangan ekonomi di bawah informasi asimetri. Salah satu contohnya adalah suatu keadaan saat orang yang ditunjang itu tau lebih banyak tentang kesehatannya daripada pemberi tunjangannya.
Isi
William Vickrey mengarang karya Journal of Finance tahun 1961 yang kelak akan berkembang, Counterspeculation, auctions and competitive sealed tenders, yang merupakan contoh pertama bagi ekonom yang menggunakan alat-alat teori permainan untuk memahami pelelangan. Dalam karyanya, yang disebut-sebut yang termaju pada zamannya, Vickrey tak hanya menurunkan beberapa persamaan lelang, tapi juga menyediakan hasil persamaan penerimaan awal. Teorema padanan penghasilan tetap menjadi pusat pusat teori lelang modern. Pelelangan Vickrey dinamai menurut namanya.
Ia juga mengerjakan karya penting dalam tarif macet , gagasan bahwa jalan dan layanan lain harus dikenakan tarif agar penggunanya melihat biaya yang berasal dari layanan itu digunakan penuh-penuh sementara di saat yang sama ada permintaan. Tarif macet memberikan isyarat pada penggunanya untuk menyesuaikan kebiasaan mereka atau pada investor untuk mengembangkan layanan itu agar menghilangkan hambatan. Kemudian teorinya dijalankan sebagian di London
Vickrey masuk Yale College dan mengerjakan karya sarjananya di Columbia University.
Di antara mahasiswa dan anak asuhnya yang terkemuka di Columbia adalah ekonom Lynn Turgeon dan Harvey J. Levin


Sumber: www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar