Rabu, 04 Juli 2012

Tanggapan tentang Studi Kasus Hak Merek


Nama: Intan Kartikaningrum
Kelas: 2id03
NPM: 33410564


STUDI KASUS
         Seiring dengan eksistensi Trio Macan, saat ini muncul grup vokal yang mengusung nama dan penampilan sama persis dengan Trio Macan yaitu Tiga macan, hadirnya Tiga macan dengan penamaan serta penampilan yang sama adalah sebuah pelanggaran hak merek Trio Macan, kasus ini sangat merugikan secara material maupun nama baik Trio Macan. atas penyalahgunaan merek Trio Macan dan 3 Macan.
         Pada tanggal 31 Oktober 2011 trio macan melaporkan tiga macan ke polda metro jaya, atas pengajuan tuntutan soal pelanggaran Hak Merek. Namun, menurut personil tiga macan, Lia Ladysta, kalau kasus tuntutan terhadap pihaknya sudah di-SP3 alias Surat Penghentian Penyidikan Perkara karena pihak kepolisian tidak menemukan bukti nama tiga macan telah melanggar merek trio macan.
        Laporan ini dilakukan sebagai langkah awal untuk menertibkan penyalahgunaan hak merek Trio Macan. Karena di kalangan msyarakat muncul kebingungan dengan banyaknya trio-trio yang menggunakan nama mirip Trio Macan dengan dandan dan gaya panggung sama.
          Hadir juga dalam jumpa pers senin sore 3 personil Trio Macan yang asli yaitu Iva novanda, Lia Amelia dan Cha Cha. Via pada kesempatan tersebut menyampaikan keluhannya dengan munculnya Tiga Macan dan macam-macam yang lain sangat merisaukan di lapangan. Ini membuat kebingungan secara public, dan kerugian yang dialami bukan sekedar material, tapi juga beban moral. “Karena banyak info-info yang menyebutkan ada show Trio Macan di satu daerah dengan pakaian seronok, tapi kenyataannya yang datang Trio Macan palsu.

TANGGAPAN
          Tanggapan saya tentang studi kasus antara trio macan dan tiga macan diatas adalah tiga macan memiliki nama, aksi panggung (performance), dandanan dan cara berpakaian yang bisa dibilang hampir sama dengan trio macan. Trio macan sendiri sebagai pihak pertama yang menggunakan gaya tersebut merasa dirugikan atas penjiplakan yang telah dilakukan oleh tiga macan. Bahkan masyarakat pun tidak bisa membedakan mana trio macan yang asli dengan yang palsu. Seharusnya trio macan dari awal segera mendaftarkan nama merek jasa yang digunakan agar suatu saat tidak ada pihak-pihak yang mengaku sebagai pengguna nama merek jasa tersebut. Trio macan disini kurang tanggap dalam menghadapi situasi, mereka baru sadar pada saat pemberitaan dari media mulai memanas. Terlebih saat ini beredar trio macan palsu di daerah-daerah dengan dandanan dan aksi panggung yang seronok. Trio macan berhak menuntut tiga macan atau trio macan palsu lainnya atas penyalahgunaan merek jasa dan pencemaran nama baik karena image yang selama ini masyarakat tahu tentang trio macan yang berpenampilan kurang baik dan mendidik. Tiga macan atau trio macan palsu lainnya dapat dikenakan sanksi atau denda sesuai dengan UU pelanggaran tentang hak merek.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar